SMKN 1 KUWUS MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY (TEFA)

Blog
By Admin, 2023-09-24 01:54:15 Kegiatan

PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY (TEFA) SMKN 1KUWUS

Model pembelajaran teaching factory (Tefa) di SMK Indonesia terus mengalami peningkatan. SMKN 1 Kuwus merupakan Sekolah yang terletak dikabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan yang menjadi sekolah pertama yang menerapkan teaching factory (TEFA).

Teaching factory sendiri merupakan model pembelajaran di SMK berbasis produksi atau jasa yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri. Selain itu juga dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri.

Salah satu bentuk pembelajaran TEFA yakni sinkronisasi kurikulum dengan Industri terkait dengan Konsentrasi Keahlian yang telah menjalin Kerja Sama (MOU). Industri yang telah melakukan sinkronisasi kurikulum dengan SMKN 1 Kuwus yakni Glow Digital Printing Studio yang bertempat di Kota Ruteng Kabupaten Manggarai. Industri ini bergerak dibidang Teknologi dan Desain yang sinkron dengan Konsentrasi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak yang menjadi salah satu Konsentrasi yang fokus pada TEFA tahun ini.

Rencanannya Pelaksanaan TeFa ini akan berlangsung sampai bulan Desember 2023 atau Akhir Tahun ini dan didampingi oleh industri sampai mengembangkan produk TeFa Teknologi Informasi dan Desain Grafis.

(By Admin)