Visitasi Akreditasi SMK Negeri 1 Kuwus 2023

Blog
By Admin, 2023-05-27 05:07:16 Kegiatan

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) merupakan satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia sebagai badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan untuk jenjang pendidikan dasar hingga menengah jalur formal dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.

SMK Negeri 1 Kuwus telah dilakukan akreditasi sebanyak dua kali dan memperoleh nilai B sampai 2018 berdasarkan data dari https://bansm.kemdikbud.go.id/akreditasi. Tahun ini sekolah ini mendapat jadwal akreditasi dan telah dilakukan unggah dokumen sesuai permintaan dari BAN-S/M bulan April 2023. Sedangkan Visitasinya telah dilakukan selama dua hari oleh Asesor Akreditasi Provinsi Nusa Tenggara Timur yakni Dr. Marianus Mantovanny Tapung, S.Fill., M.Pd dan Fabianus Gangkur, S.Fill., M.Pd mulai tanggal 26-27 Mei 2023.

Gambar 1. Proses Visitasi Standar Mutu Lulusan, Proses, Mutu Guru, Manajemen Sekolah dan Kompetensi

Proses pelaksanaan visitasi yang dilakukan oleh kedua asesor meliputi temu awal, observasi sarana dan prasarana, observasi kegiatan pembelajaran, telaah dokumen empat standar ditambah butir dikumen untuk konsentrasi keahlian dan temu akhir. Semua proses yang dilakukan berjalan dengan baik sampai selesai. Hasil nilai dari akreditasi akan diumumkan melalui Aplikasi Sispena dan informasi dari Tim Asesor.


By: Admin SMKN 1 Kuwus